Header Ads Widget

pasang

Sangkak Dan Lukah Raksasa Warnai Festival Pesona Barulak, Bupati Eka Putra Buka Secara Resmi

 

Parade Festival Pesona Nagari Barulak

Tanah Datar, Fokusteropong.COM- Festival Pesona Barulak resmi dibuka Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.pada Kamis 19 September 2024 dihalaman Pasar Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru.

Acara sangat meriah dengan menampilkan kearifan lokal setempat mulai dari budaya, adat istiadat, produk produk UMKM serta kuliner kas Nagari Barulak.

Terlihat Lukah, Sangkak (sangkar burung) dan Belanga raksasa, tari Galombang serta aneka produk asli lainnya yang ditampilkan dalam parade mewarnai Festival Pesona Barulak. 

Festival Pesona Barulak ini kedua kalinya diadakan dengan mengangkat tema "Mambangkik Batang Tarandam".

Banyaknya partisipasi masyarakat dan perantau menandakan keberhasilan acara ini dengan terlihat ramainya masyarakat, Niniak Mamak, tokoh masyarakat yang hadir serta banyaknya karangan bunga terpampang menuju arena Festival Pesona Barulak.

Bupati Eka Putra pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan perantau atas partisipasi serta penyambutan dalam pergelaran Festival Pesona Barulak.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Eka Putra Festival Pesona Barulak dinilai telah mampu memenuhi maksud dan tujuan dari pelaksanaan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event (SNSE) yaitu membangun kebersamaan. 

Nilai utama SNSE adalah membangun kebersamaan antara seluruh elemen di nagari dalam menumbuhkembangkan dan melestarikan adat, budaya serta kuliner khas di Nagari.

Sebab kebersamaan itu merupakan modal dasar didalam membangun, dengan diadakan nya SNSE yang kedua kalinya ini Nagari Barulak telah berhasil membangun kebersamaan. 

Keberhasilan ini tentu bisa mempertahankan untuk mengajar anak kemenakan petatah petitih, kuliner pangek lapuak sehingga akan mempercepat transfer adat dan budaya kepada generasi berikutnya. 

Bupati juga menyampaikan disamping mempercepat transfer dan alih adat dan budaya ke generasi muda, SNSE juga menumbuhkan rasa kebersamaan, membangun rasa sosial dan bangga serta cinta akan kampung halaman, bahkan melalui event ini juga akan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di nagari. 

Bukti kecintaan akan nagari tentu turut serta melestarikan adat dan budaya, rela berkorban juga membangun jejaring demi kemajuan Nagari nya, papar Bupati Eka Putra. 

Wali Nagari Barulak A. Dt. Sati Nan Panjang dan Ketua Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati mengucapkan terimakasih kepada Bupati Eka Putra dan rombongan serta masyarakat dan perantau yang telah berpartisipasi sehingga acara dapat terlaksana dengan baik.

Diungkapkan A. Dt. Sati Nan Panjang, tema Mambangkik Batang Tarandam adalah sebagai penyemangat anak kemenakan dan masyarakat Nagari Barulak untuk lebih baik ke depan dengan memanfaatkan berbagai potensi handal di nagari tersebut. 

"Semangat Mambangkik Batang Tarandam ini salah satunya adalah keinginan kita untuk menggali dan memperkenalkan kembali bahwa di Barulak dulu ada syech besar dan menjadi guru ulama-ulama besar di zaman dulu, yakni Syech Muhammad Thahir Al Khalidi yang makamnya berada di masjid Raya Barulak",ungkap nya.

Posting Komentar

0 Komentar