Header Ads Widget

pasang

Penantian Panjang Masyarakat, Di Era Kepemimpinan Bupati H.Safaruddin, SH Dt.Bandaro Rajo Terkabul

.           H.Safaruddin SH, Dt.Bandaro Rajo
Bupati 



Limapuluhkota, Fokusteropong.com - Bupati Limapuluhkota H.Safaruddin, SH Dt. Bandaro Rajo yang dilantik pada Jumat (26/2/21) di istana gubernuran Sumatera Barat, berbagai program telah diluncurkan, baik itu tentang peningkatan iman dan tagwa yang tertuang dalam visi dan misinya " Masyarakat yang Madani berdasarkan Adat Basandi Syaraq, Syaraq Basandikan Kitabullah , serta pembangunan infrastruktur struktur dengan konsep dari pinggiran membuahkan hasil dan berbuah manis. 

Tahun 2021 Bupati H.Safaruddin, SH Dt.Bandaro Rajo melanjutkan program pemerintah sebelumnya, serta pertengahan tahun 2921  virus covid melanda dunia termasuk juga Indonesia,sehingga  dan pada tahun 2022 dana daerah diserap ke pusat dalam rangka penanganan virus covid tersebut.Namun Bupati Limapuluhkota H.Safaruddin SH Dt.Bandaro Rajo tidak.kendor semangatnya untuk membangun Luhak Nan Bungsu ini dalam rangka pembangunan Limapuluhkota yang madani serta ditunjang pembangunan  infrastruktur di berbagai sektor.


Kepemimpinan Bupati H.Safaruddin, SH Dt.Bandaro Rajo Berbuah Manis

Pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo  dengan program setiap satu rumah melahirkan 1 tahvids akhirnya membuahkan hasil dengan Kabupaten Limapuluh kota menjadi Juara Umum dalam pelaksanaan MTQ ke-40 ditingkat Sumatera yang dilaksanakan di Solok Selatan akhir tahun 2023.  

Limapuluhkota berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumatera Barat ke-40 di Solok Selatan, dengan menjadi juara umum tersebut yang merupakan penantian panjang selama 80 tahun terjawab dengan program yang diluncurkannya tersebut.


Selanjutnya pada tahun 2024 pembangunan di bidang infrastruktur terus ditingkatkan, sehingga penantian panjang masyarakat  mulai terjawab, dengan diresmikannya berbagai pemakaian jalan di berbagai pelosok negeri di kabupaten Limapuluhkota .

Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan “Satu Nagari Satu Rumah Tahfiz", sudah menjadi kesepakatan Pemerintahan Daerah Limapuluh Kota, tertuang dalam RPJMD, kita dukung termasuk dalam penganggaran nantinya,” ungkapnya.



Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo resmikan pemakaian jalan usaha tani melalui Dana Desa (DDS) tahun 2024 di Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Senin, 15/7.
Selanjutnya Bupati Safaruddin, meninjau pengerjaan jalan di Nagari Sungai Antuan, Rabu (11/9), peresmian jalan Bukit Talao,serta peresmian jalan lainnya diberbagai pelosok di Kabupaten Limapuluhkota

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, ketika melihat pengerjaan jalan itu, menyebut dan berkomitmen terus akan memperbaiki akses jalan masyarakat Limapuluh Kota sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Program pemerintah dalam pembangunan fisik dilakukan secara bertahap, yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Baik itu jalan , jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan desa,ucap Safaruddin.

Pembangunan harus melihat skala prioritas, kebutuhan yang mendesak yang dapat digunakan orang banyak. Membawa hasil pertanian, mempermudah akses pendidikan dan lainnya, tambah Safaruddin.

Lebih lanjut kata Safaruddin, Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.


“Insya Allah kita komit sekali untuk terus membangun akses jalan masyarakat Lima Puluh Kota. Dan tentu kita akan sesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada. 



Ketika peresmian jalan usaha tani, Wali Nagari VIII Koto, Mulyadi mengatakan, pekerjaan jalan usaha tani mulai dari awal yang berupa pematang sawah. Jalan yang menghubungkan Jorong Balai Talang , Jorong Pincuran Batuang dan Jorong Ketinggian. 

Panjang jalan 166 Meter lebar 3 M melalui Dana Desa (DDS) tahun 2024 , Rp 384.764.400,- , dengan 120 hari. Pelaksana TPK Jorong Pincuran Botuang, kata Mulyadi.

Dengan selesainya pekerjaan jalan usaha tani ini, dapat mempermudah urusan, usaha tani dan  pendidikan, kata Mulyadi.



Begitu juga Syafrial, tokoh masyarakat Bukit Talao yang berkesempatan memberikan sambutan tidak mampu menyembunyikan kebahagiannya. Dikatakannya, hampir 20 tahun masyarakat menginginkan jalan di Bukik Talao ini di aspal hotmix, namun kepastian untuk pembangunan jalan itu sebelumnya tak kunjung didapatkan, meski berulang kali telah memberikan proposal untuk pembangunan jalan.


Ucapan terima kasih atas kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo juga disampaikan oleh   Masyarakat Jorong Lubuak Simato dan Jorong Padang Batang Korong Bukik Tongah, Nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, yang sudah membangun jalan sebagai akses utama masyarakat.

“Terimakasih Pak Bupati Safaruddin, yang sudah membangun akses jalan kami. Sudah belasan tahun jalan ini rusak parah. Dan tidak pernah tersentuh pembangunan, baru semasa bapak Safaruddin dapat perhatian. Padahal jalan ini sebagai akses menuju SMP Negeri 2 Mungka yang ada di Jorong Lubuak Simato,” ungkap Ega dan Mesra Hidayah, emak-emak Jorong Lubuak Simato, saat kunjungan Bupati Safaruddin, meninjau pengerjaan jalan di Nagari Sungai Antuan, Rabu (11/9).

Anggota DPRD Limapuluh Kota, Prima Maifrison, juga mengucapkan rasa syukur kepada Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, Dt. Bandaro Rajo, yang sudah memberikan perhatian kepada Nagari Sungai Antuan, terutama untuk akses jalan utama menuju SMP Negeri 2 Mungka.

Disamping akses jalan menuju sekolah, jalan yang menghubungkan dua Jorong di Nagari Sungai Antuan itu, juga sebagai akses utama masyarakat untuk membawa hasil pertanian, hasil bumi, peternakan dan perikanan. Akses jalan yang baik dapat meringankan biaya untuk membawa hasil pertanian, peternakan dan perikanan masyarakat.

“Terimakasih kami kepada bapak Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, yang begitu perhatian dengan kondisi jalan warga kita di Nagari Sungai Antuan. Jalan ini sudah hampir 15 tahun tidak dapat perhatian pemerintah, dan baru semasa Bapak Bupati Safaruddin ini diperbaiki. Dan masyarakat akan mudah dalam mengangkut hasil pertanian, perikanan dan peternakan,” ucapnya.

Prima yang merupakan anggota DPRD Lima Puluh Kota termuda itu, menyebut akses jalan itu juga merupakan akses utama bagi anak-anak sekolah menuju SMP Negeri 2 Mungka.

“Anak-anak sekolah akan senang sekali melewati jalan ini, karena selama belasan tahun kondisinya buruk, becek saat hujan, sehingga membuat anak-anak sekolah malas untuk datang sekolah,” terangnya.(Ac Dt )


Posting Komentar

0 Komentar