Header Ads Widget

pasang

Bupati Eka Putra Mendapatkan Kehormatan Orasi Ilmiah Di Auditorium UNP Padang

 

Bupati Eka Putra mendapatkan kehormatan untuk orasi ilmiah di Kampus UNP Padang.

Tanah Datar, Fokus teropong  .COM- Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. mendapatkan kehormatan dan kepercayaan  untuk Orasi Ilmiah di Auditorium Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Kotamadya Padang pada Selasa 2 Juli 2024.

Hal tersebut terkait keberhasilan Bupati Eka Putra didalam Mitigasi dan kebencanaan pada saat penanggulangan bencana banjir bandang terjadi pada 11 Mai 2024 di Kabupaten Tanah Datar.

Orasi ilmiah Bupati Eka Putra sempat memukau dan decak kagum hampir 900 an orang Wisudawan UNP yang hadir di dalam Auditorium tersebut. 

Dalam paparanya Bupati Eka Putra menjelaskan orasi ilmiah tentang kebijakan dan mitigasi bencana yang diawalinya dengan penjelasan geografis dan topografi serta potensi daerah Kabupaten Tanah Datar yang sangat strategis. 

Kemudian Bupati Eka Putra juga memaparkan saat terjadinya bencana yang membuat situasi sangat sulit sekali dengan segala keterbatasan daerah. 

Sampai penanganan dan penanggulangan bencana serta kebijakan strategis yang diambil terhadap dampak bencana terutama sekali terhadap korban juga pengungsi. 

Disampaikannya untuk kembali membangun Tanah Datar yang telah hancur akibat bencana, langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah adalah melakukan normalisasi sungai, membangun kembali jembatan dengan dibantu BNPB melalui TNI sebanyak 8 unit jembatan Bailey dan juga membentuk tim ekspedisi guna menelusuri sungai batang Sigarunggung untuk membersihkan material yang menghambat arus sungai. 

Bupati Eka juga menyampaikan untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang saman Pemerintah Daerah dibantu oleh Pemerintah Pusat juga segera membangun Sabo Dam di 20 sungai yang berhulu dari gunung Marapi dan gunung lainnya. 

Dan untuk antisipasi juga dibangun Early Warning System (EWS) sebagai sarana peringatan dini kepada masyarakat apabila debit air naik. 

Saat ini kami dibantu oleh Pemerintah Pusat dengan 56 unit Sabo Dam yang akan dipasang di daerah aliran sungai. 

Diakhir orasinya Bupati Eka Putra menyampaikan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati serta orang tua, selamat dan sukses serta pantang menyerah. 

Pada acara tersebut juga dihadiri Rektor UNP. Krismadinata, P.H.D, Ketua Majelis Amanat UNP Prof. DR Z Mawardi Efendi,M.Pd, Ketua Senat Akedemi Universitas Prof. DR. Lufri. MS, Senior Eksekutif Prof Ganefri ,Ph.D, Wakil Rektor, Dekan serta Unsur Pimpinanan di lingkungan UNP, para orang tua dan undangan lainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar