Header Ads Widget

pasang

Bupati Eka Putra Berharap Seminar IMLF Mengorbitkan Budaya Minangkabau Dimata Dunia


Bupati Eka Putra apresiasi IMLF 2 di Batusangkar

Tanah Datar- Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra,SE.MM. berharap dengan terlaksananya Seminar International Minangkabau Literacy Festival 2 (IMLF) tahun 2024 yang dipusatkan di Tanah Datar bisa lebih memperkenalkan adat dan budaya serta alam Minangkabau kepada dunia.

Luhak Nan Tuo atau Tanah Datar merupakan daerah tertua di Minangkabau sebagai pusat adat dan budaya Minangkabau. 

Diungkapkan Bupati Eka Putra bahwa literasi bukan hanya semata kemampuan untuk membaca dan menulis namun tentunya lebih memahami secara mendalam adat dan budaya serta bagaimana pelestarian dan kelangsunganya

Dan juga dengan literasi itu tadi dapat memberikan dampak positif terutama didalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan. 

Acara yang berlangsung di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar pada Jum’at 10 Mai 2024 yang diikuti oleh 17 Negara Delegasi serta dihadiri 1000 orang guru yang memenuhi gedung. 

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga sampaikan ucapan selamat datang kepada delegasi IMLF 2 dari 17 negara ini seperti dari Negara Rusia, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam, USA dan Indonesia.

Diakui Bupati sangat bangga dan bersyukur bisa berada di sini bersama peserta yang merupakan penulis, sastrawan, pemikir, seniman, budayawan, peneliti, akademisi, guru, mahasiswa dan aktifis yang peduli akan pentingnya literasi dan budaya dalam menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ketua Panitia IMLF 2, Metria Eliza menyampaikan seminar ini bertema “Implementasi Merdeka Belajar dalam Bahasa dan Sastra”, ini dikuti oleh 17 negara delegasi dalam dan luar negeri dan dihadiri oleh 1000 orang guru. 

Dan juga hadir dari kalangan budayawan, mahasiswa dari dalam dan luar Provinsi Sumatera Barat dan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dan 2 (dua) di Tanah Datar dan hari ini Seminar International, Bazar UMKM, Bazar Buku serta kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung, terang Metria Eliza. 

Kemudian acara akan dilanjutkan hari kedua dengan jadwal jelajah Literasi Budaya, melihat Alek Nagari Pacu Jawi, dan banyak lagi kearifan lokal Tanah Datar yang patut untuk dikunjungi.

Sebagai narasumber pada seminar tersebut Prof.dr. Fasli Jalal, SP.GK, Ph.D, Rektor Universitas Yarsi dan Praktisi Pendidikan, Sri Yulianti, M.Pd, Kepala BGP Sumbar, Prof.Dr.Harris Effendi Thahar, M.Pd Guru Besar UNP, Dr. Lily Tjahyandari Universitas Indonesia, Harneli Bahar Bunda Literasi Sumbar dan Lise Vebrina Bunda Literasi Tanah Datar.

Dan Pembicara International Vadim Terekhin (Rusia), Francisco Munoz (Spanyol), Bang Ai Tho (Vietnam), Carlos Aguasaco (USA), Dr.Norzuraina Binti Mohd Noor (Malaysia). 

Posting Komentar

0 Komentar