Header Ads Widget

pasang

Bupati Eka Putra Akan Pasang Alat Pendeteksi Dini Bencana (EWS) Dibeberapa Titik Bencana

 



Bupati Eka Putra dan BNPB menelusuri aliran sungai di Pasie Laweh dan Rao-Rao

Tanah Datar- Guna mengantisipasinya bencana alam tanah longsor dan banjir bandang, Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, SE.MM. dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memasang alat Early Warning System (AWS) atau dikenal dengan alat pendeteksi bencana dini. 

Alat tersebut akan dipasang dibeberapa titik yang diduga berpotensi rawan bencana di daerah Kabupaten Tanah Datar. 

Demikian disampaikan Bupati Eka Putra bersama Tim BNPB saat mengunjungi Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab pada Rabu 22 Mai 2024.

Bupati Eka Putra menerangkan alat pendeteksi bencana dini ini adalah serangkaian alat yang tersistem dan dipasang pada titik daerah daerah yang diduga berpotensi bencana. 

Alat ini berguna untuk memberi sinyal berupa suara sirine kepada masyarakat sepadan bencana dan petugas bila terjadinya bencana di daerah itu. 

Sehingga alat yang lain juga akan merespon dan diteruskan guna tindak lanjut seperti mengarahkan pengungsi ke jalur yang tepat untuk di evakuasi, terang Bupati Eka Putra.

Bupati juga sampaikan alat EWS ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat sehingga berfungsi sebaik-baiknya sebab alat ini sangat bermanfaat didalam pendeteksi bencana awal. 

Bupati Eka Putra saat mengecek bantaran Sungai Pasca Banjir Bandang dikawasan Nagari Rao-rao dan Nagari Pasie Laweh itu didampingi bersama Dandim 0307 Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, Ketua TP-PKK Tanah Datar, Kalaksa BPBD Tanah Datar, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari Pasie Laweh dan Wali Nagari Rao-Rao.

Posting Komentar

0 Komentar